Saturday, April 08, 2006

Nonton Cara Marathon

Waktu aku sakit-- dan memutuskan untuk istirahat, aku coba cari hiburan. Yang pasti aku berusaha keras untuk nggak pegang mouse atau spidol. *Sumpah.. benar² berat... I can't life without mouse..* Dan karena aku musti ada di kamar, tiduran plus santai maka pilihan hiburan outdoor spt:

1. Ngecengin cewek di kampus²
2. Hunting fotografi
3. Jalan-jalan
4. Nongkrong sama kawan²
5. Ke perpustakaan *tsaah, ke perpustakaan dibilang hiburan*

JELAS TIDAK BISA DILAKUKAN!!

Aku nyari hiburan yang bisa dibawa ke kamar. Dengerin Dream Theater sambil baca komik One Piece memang hiburan, tapi *geez*-- itu hiburan harian-ku.. John Petrucci cs dan Luffy cs selalu ada di hari²ku.. Aku butuh hiburan selain mereka..

Kemudian.. Pas aku melongok kamar Ciwenk, sepupuku yg gitaris itu, aku melihat dia sama Lek John sedang asyik nonton pilem dengan judul 'Cadet Kelly'. Sekilas, aku lihat cewek pirang remaja di layar monitor Ciwenk. What the?!? Cowok² sangar bak preman gini nonton pilem girly?!? Tapi Ciwenk sama Lek John ketawa² dan bikin aku penasaran sama pilem itu..

Dan ternyata.... Meskipun aku nggak mau mengakui, aku cukup terhibur dengan akting Hillary Duff. Manis.. Lucu.. Meskipun agak aneh dengan jalan ceritanya, si Kelly Duff ini punya bapak dua orang. ?!%#!^*#

Aku nanya Ciwenk, "Gadda pilem lain? Yang horor² gitu?!"

"Nyewa aja ndiri.."

Hei?!?! Ide yang bagusss!! Kenapa aku nggak nyewa pilem ndiri. Bukankah sudah hampir satu dekade aku nggak melihat pilem² Hollywood terbaru?!?!"

Maka, berbekal uang 10ribu dan kartu mahasiswa, aku melesat menuju rental video terdekat. Sudah terbayang di benakku, judul² yang mau kutonton. Phew.. Sebenarnya aku maniak pilem. Semua genre!!! Tapi, di Rembang dan Jogja, dua tempat di mana aku tinggal tidak ada bangunan bernama 'twenty-one'. *terakhir kali aku nonton 21 bersama kawanku Arnot --yg super-duper-maniak-pilem-- adalah Star Wars: Revenge of the Sith di Surabaya* Sungguh menyedihkan.. Dan aku?! Karena memang males dan sibuk, aku gak punya cukup waktu untuk menyewa visidi. Terkadang aku takut bisa nyewa tapi gak bisa balikinn.. kekekekek...

Maka, para aku dan para penduduk lainnya pun mengikuti perkembangan pilem terbaru melalui visidi ato dividi.

Kebanyakan sih bajakan.. Tapi *sumpah* aku anti-pilem-bajakan...

Saat aku nyewa, --atau beli-- aku selalu memilih yang original. Bukannya sok 'suci' , tapi emang kwalitasnya beda. Aku lebih nyaman nonton pilem ori karena selain gambar dan swaranya lebih oke, subtitle teks-nya juga nggak ngaco..

Yang bajakan, selain gambarnya goyang², berisik kresek², teks-nya suka mampus ngaco.. Kadang pake bahasa entah indonesia entah melayu-- kadang gadda teks-nya.. yang lebih parah, kadang malah di layar tampak shilloutte seseorang sedang berdiri- yang aku yakin adalah sosok penonton bioskop yang lagi kebelet kencing!!! Pirated-videos are suck!!

So.. kembali ke perjalananku.. Aku dah mikir, pilem anyar ato jadul, selama aku belum nonton, ambil aja... Setelah menimbang dan memilah-milih yang ada di benakku, rekomendasi temanku Arnot, maka aku mengambil:


Crash (penasaran karena masuk Oscar), Pulp Fiction (rekomendasi Arnot), Underworld (sebenarnya mau nonton sequelnya Evolution, tapi yg ori blom keluwar -yaah prequelnya duluw), Chronicles of Narnia (lumayan gress) dan KINGKONG (karena kingkong itu kera.. lha?!?)

Dan.. Ternyata hiburan nonton pilem ini cukup memuaskan... Dan yang paling penting ternyata aku jd agak mendingan. Syukur... So, mumpung aku masih inget dikit², aku review deh di sini:

CRASH
Kereeeeen!!!! Sumpah kereen bgt!!! Gak heran dapet 3 Oscar!!! Filem rasialis yang penuh ironi.. Paul Haggis bisa bikin gw hampir nangiss lewat pilemnya!! Hualah!! Pesan yg gw tangkep begitu pilem ini selese adalah: Semua orang punya masalah sendiri, tapi bisa mempengaruhi orang lain.. Kita nggak berhak menganggap diri kita 'baik' atau menuduh orang lain 'jahat'.. Karena di pilem ini, seorang penjahat membebaskan tawanan² asing dan polisi baik malah membunuh negro.. Ironissss...

Sisi yg menonjol adalah ras dan suku. Nggak hanya negro vs kulit-putih, tapi juga cina dan persia.. Masalah² yg dialami beberapa karakter benar² dalem, sampek aku jadi lupa kalo ada Sandra Bullock dan Brendan Fraser dan Matt DIllon di sana!! Mereka terlihat 'nggak menonjol' dibanding tokoh² lainnya. Dan, mungkin emang gadda tokoh utamanya.. Storyline-nya super mampus keren!!

Ada dua negro preman yg suka debat tentang ras, istri jaksa yang pemarah, detektif negro baik berwibawa yang adiknya penjahat, orang Persia yang ribut karena kunci pintu tokonya rusak, Cina yang terlindas, wanita negro yang dilecehkan polisi kulitputih brutal-- dan .. argh!!
Damn!!! Efek domino yang dipake benar² penuh kejutan. Mereka yang nggak saling mengenal bisa saling berkaitan. Beberapa kali aku nggak sadar sempat teriak, "Hah?!?" atau "Lho lho.. Eh?!?!"

Nonton gih!!!

PULP FICTION
Temanku Arnot bilang filem ini 'gila'. Aku mikir, apanya yang gila?! Waktu dia bilang sutradaranya Quentin Tarantino, aku langsung tau..

Dah lama aku pengin nonton ini, tapi aku nyari kemana² gak dapet. Ternyata ada rental yang menyewakan. 3 CD. Aku dah bisa menebak seperti apa pilemnya. Karena aku dah tauw Tarantino itu gila.. Aku terpikat sama Kill Bill yang aneh, dan perasaan itu muncul saat aku nonton Pulp Fiction.

Plot yang jungkir balik.. Adegan yang vulgar, adegan yang penuh kejutan dan dialog² aneh benar-benar bikin geleng². Kok ada pilem kayak gini?!?!? Bayangin aja.. Dua orang mafia yang sedang 'dinas' dlm perjalanannya --malah asyik debat tentang sistem ukuran Inggris?! Truss.. Boss Mafia Ving Rhames yang baku tembak dengan petinju Bruce Willis, kejar²an malah masuk ke dalam toko onderdil milik dua orang homoseks.. what the?!? Ada lagi.. 2 pasangan penjahat amatir (dg nama konyol Pumpkin dan Honey Bunny) yang mencoba merampok restoran-

Kenakalan, kegilaan dan kejeniusan Quentin Tarantino berawal dari pilem ini.
Belum lagi sontreknya yg sangat 70-an. Begitu dengar musik pengiring, langsung inget Kill Bill yang sama gilanya.. Hehehe.. Kyknya aku kebalik. Seharusnya nonton Pulp dulu baru Kill Bill yah...

UNDERWORLD
Yeah... Grrrr... Pertempuran abadi kaum vampir dan lycan (werewolf --gk tau apa itu? Serigala jadi²an dodol!!) sampai ke abad 20. Bukan lagi taring lawan cakar, melainkan sudah ke tahap pistol peluru perak nitrat versus senapan dengan peluru ultraviolet.. Dor!!! Dar!! Grrr!!! Hebatnya.. Para vampir makin ganas dan kaum lycan bisa brubah jadi serigala sesuka mereka, tanpa peduli bulan purnama.. Raja vampir dibangunkan.. Pimpinan lycan yang masih hidup..
Jadi pengin ngeliat yang Evolution!!!!

--lg males nge-resesensi--

KINGKONG
Mampusss!!! Kecanggihan efek CG Hollywood memang gilaaa!!!
--lg males nge-resesensi juga--

Btw ada yg liat ada tulisan VENTURE SURABAYA di Kapal yang ngebawa rombongan ke Skull Island?!? Ada juga yang liyat kandang bertuliskan KALIMANTAN di dalem kapal itu?!?!

Karena itu adalah kapal penangkap hewan.. Aku mikir: Rupanya waktu itu.. Banyak hewan-hewan liar/buas di Indonesia yang ditangkep.. *sigh*


© 2006 ~ bisrimustova

3 Comments:

Anonymous Lia said...

Blog-nyah lumayan yaah...
Salam kenal...

25 April, 2006  
Anonymous Qoplax said...

Ya Oloh.. Baru nonton Pulp Fiction?! Pilem taon kapan tuh?!?!?

27 April, 2006  
Blogger gretan said...

CRASH...
kalo gw nontonnya sumpe ngantux abist!abisan ceritanya loncat2 siyhhh...jadi binun!!:(

untung ada bahu bwad numpang bobok di bioskop...:p

03 May, 2006  

Post a Comment

<< Home