Tuesday, March 21, 2006

Anak Muda vs Orang Tua

Aku suka mikir saat aku lg ada masalah sama orang yang lebih dewasa --orang tuwaku, mbak², mas²ku, atau siapapun-- "Kenapa sih orang dewasa selalu begitu?!" or "Kenapa sih mereka gak ngerti aku?!?"

Aku cari jawabannya, *sebenarnya nyari kesalahan orang² dewasa itu-- dan gak pernah ketemu.. Sampe aku sadar bahwa: Aku sendiri yang salah..

Aku baru sadar: Wajar orang² tua mempermasalahkan anak muda, karena mereka MEMANG pernah menjadi anak muda.. Dan, anak muda belum pernah merasakan menjadi tua..

Rait or rong sih?!

Wajar yah-- kalau mereka selalu bilang, "Hei jangan begitu!!!" "Awas!! Nanti kamu..." dan yang semacam itu, saat anak² mereka hendak melakukan sesuatu.. Tapi, kadang mereka tidak memberi alasan kenapa mereka mempermasalahkannya..

Ada anak A nanya sama mamanya M

A: "Mah.. Nanti malem aku ke rumah anu ya.."
M: "Nggak boleh!!"
A: "Ah.. kenapa?! Cuma sebentar kok.."
M: "Kalo Mama bilang nggak boleh ya nggak boleh. Titik!!"
A: " T_T "

DZINGG!!! Padahal anak muda butuh penjelasan!! Anak muda itu kreatip.. mereka selalu melakukan apa yang menjadi kebalikan.. Sama halnya, peraturan ada untuk dilanggar.. Mereka heran, kenapa belum mencoba sudah dilarang. Dan larangan itu pun tak beralasan?!?!

Aku sendiri juga merasakan itu.. Kadang, Mbak²ku atau keluwargaku --yg tentu saja lebih tua dari aku. Aku kan bungsu-- memaksaku untuk memakai baju tertentu, yg aku sendiri gak nyaman..

"Va.. Pakai ini ajah.. Kamu pasti keren!!!"
"Va.. Rambut kamu dah gondrong.. Njijiki.. potong gih!!"
"Va.. Ini parfumnya baunya sedap.."

dan sebagainya.. Dan saat aku tanya, "Memang kenapa?!"
Mereka jawab : "Pokoknya keren!!!" "Pokoknya njijiki!!" "Pokoknya sedap!!"

Mereka gak ngarti aku:
1. ...bukan tipe orang yg update mode.. Yang penting baju itu bersih, rapi, warna item dan nyaman aja di badanku..
2. ... seumur hidup aku belum pernah gondrong.. Kalo aku merasa gak nyaman dengan rambutku, gak perlu disuruh² jg aku akan ke tukang cukur.. Lagian, gak ada yang patah hati gara² rambutku gondrong.. Atau sudah ada Undang-undang yang mengatur Kegondrongan Rambut?!?!
3. Ini bukan masalah sedap atau nggak sedap.. Ini masalah biologis.. Maxudku, hidungku suka alergi dg bau parfum. Kadang, saat mencium bau parfum tertentu --dan kebetulan sama spt yang dikasi mbakku-- aku mual.. Kemudian pusing, dan muntah busa.. *nggak separah itu kok!!*

Kenapa sih mereka selalu ribet?!? Aku tau mereka peduli.. mereka care.. mereka sayang aku.. Tapi bukankah mempercayai apa yang aku lakukan lebih dalem lagi rasa pedulinya...

*sigh* meski kadang sebel.. Saat di Jogja, kadang aku suka kangen dengan omelan dan ricuhan mereka.. Kamar kostku di Jogja mampuss brantakan, dan di rumah aku terbiyasa dengan kata² : "Va!! Kamarmu dibersihin gih!!!"

Terkadang~ Saat kita jauh.. Kita baru merasakan betapa pentingnya seseorang atau sesuatu...

Well..
Kemudian, anak muda yang suka mencoba apa saja.. Kadang mereka nggak sadar kalau mereka terlalu kreatif.. Kreatif itu bagus, tapi segala sesuatu yang keterlaluan sangat nggak baik..

Dulu.. Aku kreatif gambar dan coret².. Saking kreatifnya, aku gak cuma gambar di kertas: tapi juga di meja kelas, di baju seragam, dan di tembok sekolah.. Kadang² kalo lagi kumat malah gambar di pohon² mangga di kebun sekolah.. Hualah!!

Ada temenku yang kreatip dalam bermain gitar.. Saking kreatipnya.. Sehari² dia main gitar sampe lupa makan, lupa mandi, lupa nyembah Tuhan..

Beberapa contoh lain muncul karena percobaan, eksperimen.. Nyoba ini ah.. Nyoba itu ah.. Begitu ketagihan gak bisa lepass..
Kalo hal² positip sih baik.. Eksperimen dzikir + wirid trus ketagihan wahh.. Oke.. Nyoba nyumbang , trus pengin terus beramal.. Wuihh!!!!! Atau.. Nyoba bikin lagu.. ternyata jadi, dan kemudian bisa bikin lagu² yang keren..

E eh.. Ada yang nyoba narkoba.. Kok enak, nambah ah.. ketagihan.. OD.. Ada yang eksperimen dengan demo.. kok asyik, bisa teriak²in pejabat.. Eh ketagihan.. Malah sekarang pake bentrok dan mukul, biar lebih seru..DONGG!!!

Kenapa sih gak nyoba hal² yang lebih menarik.. Why do they always looking for troubles?!?!
Aku nyoba ngeben.. Aku nyoba desain.. Aku nyoba bergaul.. Aku nyoba menulis.. Alhamdulillah, Tuhan masih menjagaku.. Aku nggak nyoba hal² gila yang gak sesuai prinsipku..

Biarlah orang bilang aku banci kalo aku gak begini.. ato begitu.. It's myself!!

Lalu sebenarnya, apa inti dari postinganku ini?!?!
Aku cuma ingin merenung sendiri kok.. Kalau kamu ingin ikut merenung juga boleh..

Tuhan mencipta telur.. mencipta era... Dia menciptakan generasi, yang kita bakalan hadapi. Orang² tua sudah memiliki era sendiri.. Zaman mereka bukan zaman kita, sejarah mereka juga milik mereka sendiri.. Sekarang saatnya anak muda membangun sejarah mereka sendiri..

Tentu saja.. Anak² muda nggak bakalan bisa membangun tanpa bantuan orang² tua yang lebih berpengalaman..

Orang tua adalah jembatan zaman.. Anak muda menyeberang menuju zaman baru dengan bimbingan orang-tua.. Jangan sampai mereka terjatuh ke dalam sungai yg dalam.. Begitu mereka sudah sampai dengan selamat, orang² tua akan memandang sambil tersenyum dari jauh.. Semua akan baik² saja..

Ada jembatan yang kekar.. ada jembatan yang hampir putus.. ada jembatan sempit.. Tergantung anak muda menyikapinya...

Namun.. Kita suka lewat cara lain untuk menyeberang sungai.. Kita nyuekin jembatan.. Kita malah meloncat.. Kita malah berenang... Ada yang sampai dengan susah payah.. Ada yang tenggelam.. Ada yang terbawa arus.. Ada yang kembali lagi ke awal...

Seandainya orang tua dan anak muda bekerja sama.. >_<


© 2006 ~ bisrimustova

Mengormati yang Tua ~ Menyayangi yang Muda

0 Comments:

Post a Comment

<< Home